0

Kapan Harus Berobat ke Dokter Spesialis Anak? Ini Dia Jawabannya!

Dokter spesialis anak merupakan seorang tenaga medis yang khusus menangani masalah kesehatan yang berhubungan dengan anak-anak, mulai dari fisik, mental sampai dengan tumbuh kembangnya, ia juga dikenal sebagai pediatri. Biasanya langkah penanganan ini sendiri dimulai sejak usia 0 sampai dengan 18 tahun, tindakan yang dilakukan sendiri mulai diantaranya adalah pencegahan sampai dengan langkah pengobatan untuk anak-anak.

Berikut ini diantaranya ada masalah kesehatan yang akan ditangani oleh pediatri, yaitu:

  1. Mengevaluasi pertumbuhan dan juga perkembangan mereka, juga mendeteksi masalah terkait dengan gangguan yang mungkin saja dialami oleh buah hati tersebut. Baik itu yang sifatnya sementara ataupun juga jangka panjang.
  2. Memberikan edukasi atau pengetahuan kepada ibu-ibu terkait dengan gaya hidup, keamanan hingga cara menyusui bayinya dengan benar.
  3. Memberikan imunisasi pada anak, tentunya dengan tujuan untuk mencegah mereka terkena penyakit yang berbahaya, karena sekarang ini resiko terkena penyakit-penyakit yang sifatnya berbahaya tersebut dapat ditekan dengan melakukan imunisasi, sudah ada banyak vaksin yang ditemukan untuk pencegahannya.
  4. Monitoring yang dilakukan kepada bayi yang lahir prematur, juga memberikan bentuk penanganan yang dibutuhkan oleh mereka.
  5. Diagnosa penyakit-penyakit tertentu yang mungkin dialami oleh anak-anak.
  6. Menangani berbagai macam kondisi kesehatan yang dialami oleh anak-anak, mulai dari yang sifatnya ringan sampai dengan yang parah.
  7. Bertanggungjawab juga akan gangguan mental yang bisa menyerang anak-anak. Di usia remaja, kemudian juga gangguan tumbuh kembang hingga depresi.
  8. Memberikan rujukan terkait dengan penyakit yang dialami oleh anak-anak ke dokter spesialis terbaik yang lainnya.

Kapan harus melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis anak ini?, berikut yang hendaknya Anda ketahui, yaitu:

  1. Demam, demam yang terjadi pada anak ini sebenarnya adalah upaya bagi tubuh untuk melawan infeksi virus atau kuman, sehingga terjadi peningkatan suhu, sifatnya sendiri ada demam yang ringan, namun juga ada demam tinggi, pengobatannya dapat dipercayakan kepada pediatri, jika seandainya demam yang dialami tersebut tidak kunjung turun, setelah dilakukan pengobatan alami sendiri.
  2. Muntah dan juga diare berat, masalah kesehatan ini juga sangat umum diderita oleh anak-anak dan juga bayi, karena memang pada dasarnya kekebalan tubuh mereka masih terlalu lemah, sehingga rentan terserang bakteri berbahaya yang menyebabkan masalah pada pencernaan.
  3. Dehidrasi, ingat bahwa sebenarnya dehidrasi ini sendiri bukanlah hal yang dapat disepelekan, karena kurangnya cairan tubuh memiliki resiko yang sangat berbahaya, bahkan bisa sebabkan kematian.
  4. Kejang, banyak faktor penyebab kejang pada anak, apalagi jika sampai keluar cairan dari dalam mulutnya.
  5. Gangguan pernapasan yang dialami oleh anak-anak, mulai dari batuk sampai dengan pilek yang sifatnya jangka panjang atau tidak kunjung sembuh.
  6. Rasa nyeri saat buang air kecil.
  7. Munculnya ruam di sekujur tubuh buah hati, bisa jadi disebabkan oleh faktor alergi maupun gejala penyakit yang lainnya.
  8. Buah hati Anda mengalami masalah dengan pertumbuhannya, lebih lambat dibandingkan dengan anak-anak normal pada umumnya.
  9. Bayi yang lahir prematur, umumnya membutuhkan sebuah perawatan yang lebih dibandingkan dengan yang lahir normal.

Setidaknya jika buah hati Anda mengalami beberapa kondisi di atas, maka memang ada baiknya untuk segera melakukan pengobatan ke dokter spesialis anak, di hampir semua rumah sakit menyediakan bidang spesialis yang satu ini, hanya saja pasien tentu harus memilih yang terbaik.

 

karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *